Kamis, 22 Mei 2008

NASIONALISME INDONESIA



NASIONALISME



Menurut James G. Kellas (1998:4), nasionalisme merupakan suatu ideologi. Ideologi yang berisi seperangkat keyakinan yang diwujudkan pada tingkah laku dan perbuatan. Salah satu perwujudan nasionalisme adalah dibentuknya Boedi Oetomo(1908) yang menjadi awal kebangkitan nasionalisme bangsa Indonesia oleh kaum cendekiawan. Selain berdirinya Boedi Oetomo, yang menjadi tonggak perwujudan rasa nasionalismebangsa Indonesia adalah semangat Sumpah Pemuda 1928. Nasionalisme yang bertekad kuat tanpa memandang perbedaan agama, ras, etnik, atau bahasa.

Ernest Renan mengartikan nasionalisme sebagai paham dari sekelompok orang yang berkeinginan untuk bersatu dan merasa dirinya satu. Otto Bauer mengartikan nasionalisme sebagai persatuan perangai yang timbul karena adanya satu persatuan nasib. Gandhi mengartikan nasionalisme sebagai perikemanusiaan. Sedangkan Karl Haushoffer mengartikan nasionalisme sebagai geopolitik, yaitu persatuan antara orang dan tempat.

NASIONALISME TUMBUH ?

Adanya rasa seperjuangan itu kemudian melandasi nilai nasionalisme tumbuh dalam setiap jiwa masyarakat. Apalagi momentum itu mampu membangkitkan semangat walau sebelumnya sudah ada beberapa organisasi seperti Syarikat Dagang Islam pada tahun 1905. Namun kekuatan semangat dan perjuangan yang membangkitkan segenap komponen belum dilakukan.

Tidak ada komentar:

selamat datang di blog pribadi saya ,semoga blog ini dapat bermanfaat bagi anda!!!
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

FINAL AND CS LINE GOES TO PRAMUKA'S ISLAND INDONESIA

Memory in Pramuka's Island Slideshow: Darsons’s trip to Jakarta, Java, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Jakarta slideshow. Create a free slideshow with music from your travel photos.